Minggu, 30 Oktober 2011

USUS BESAR

Kawan-kawan...
Sekarang,makanan udah masuk ke usus besar...Prosesnya gimana..???
Baca artikel dibawah ini...!!!

USUS BESAR
Usus besar atau kolon dalam anatomi adalah bagian usus antara usus buntu dan rektum.
Usus besar menghasilkan lendir dan berfungsi menyerap air dan elektrolit dari tinja. ketika mencapai usus besar, isi usus berbentuk cairan, tetapi ketika mencapai rektum bentuknya menjadi padat.
Fungsi utama dari usus besar adalah mengatur kadar air sisa makanan sebelum dibuang. Jika sisa makanan terlalu lama berada did lam usus besar, penyerapan air semakin banyak sehingga sisa makanan (feses) menjai padat dan keras.
Usus besar terdiri dari :
-          Secum
Merupakan pembatas antara ileum dengan kolon. Di bawah sekum terdapat apendiks vermiformis yang berbentuk seperti cacing sehingga disebut juga umbai cacing, panjangnya 6 cm. Seluruhnya ditutupi oleh peritoneum, mudah bergerak walaupun tidak mempunyai mesentrium dan dapat diraba melalui dinding abdomen pada orang yang masih hidup.
-          Kolon Asendens
Panjangnya 13 cm, terletak di bawah abdomen sebelah kanan, membujur ke atas dari ileum ke bawah hati. Di bawah hati melengkung ke kiri, lengkungan ini disebut fleksura hepatika, dilanjutkan sebagai kolon transversum.
-          Apendiks (Usus Buntu)
Bagian dari usus besar yang mucul seperti corong dari ujung sekum, mempunyai pintu keluar yang sempit tetapi masih memungkinkan dapat dilewati oleh beberapa isi usus. Apendiks tergantung menyilang pada linea terminalis masuk ke dalam rongga pelvis minor, terletak horizontal di belakang sekum. Sebagai suatu organ pertahanan terhadap infeksi, kadang apendiks bereaksi secara hebat dan hiperaktif yang bisa menimbulkan perforasi dindingnya ke dalam rongga abdomen.
-          Kolon Transversum
Panjangnya + 38 cm, membujur dari kolon asendens sampai ke kolon desendens berada di bawah abdomen, sebelah kanan terdapat fleksura hepatika dan sebelah kiri terdapat fleksura lienalis.
-          Kolon Desendens
Panjangnya + 25 cm, terletak di bawah abdomen bagian kiri membujur dari atas ke bawah dan fleksura lienalis sampai ke depan ileum kiri, bersambung dengan kolon sigmoid.
-          Kolon Sigmoid
Kolom sigmoid merupakan lanjutan dari kolon desendens, terletak miring dalam rongga pelvis sebelah kiri, bentuknya menyerupai huruf S, ujung bawahnya berhubungan dengan rektum.

Fungsi usus besar yaitu
  1. Menyimpan dan eliminasi sisa makanan,
  2. Menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit, dengan cara menyerap air
  3. Mendegradasi bakteri.
Nah,setelah makanan diproses di usus besar maka akan menghasilkan sisa makanan yang tidak bermanfaat bagi tubuh.Jadi,sisa makanan tersebut dikeluarkan melalui anus tapi terlebih dahulu dikumpulkan di rektum.gimana cara kerjanya....???
Baca bagian sistem pencernaan selanjutnya... :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar